Podcast

Mengelola Perdagangan Komoditas Berisiko bagi Hutan

Arah perdagangan komoditas global menuju kelestarian lingkungan dan keberlanjutan
Bagikan
0
Potret udara hutan dan perkebunan kelapa sawit di Desa Sentabai, Kalimantan Barat. Foto oleh: Nanang Sujana/CIFOR

Bacaan terkait

Seiring dengan bertambahnya populasi manusia, peran perdagangan dalam memenuhi permintaan pangan global juga ikut meningkat, terutama dari komoditas pertanian seperti karet, kelapa sawit, kakao, dan kopi. Hal ini dapat mengakibatkan risiko kerusakan ekologi, masalah ketahanan pangan, dan berkurangnya lahan hutan.

Untuk mengatasi tantangan ini telah banyak kebijakan dan kajian tentang perdagangan komoditas pertanian di berbagai bidang, mulai dari rantai pasok, dampak sosial serta lingkungan, dan pemodelan skenario masa depan melalui rekomendasi untuk sektor publik dan swasta.

Riset TRADE Hub bertujuan untuk memfasilitasi kajian-kajian bisnis, perubahan kebijakan, dan pembentukan lembaga keuangan yang lebih kuat di mana perdagangan kelapa sawit dan kopi dapat memberikan manfaat optimal.

Pada episode kali ini, Bincang Hutan mengundang Peneliti CIFOR-ICRAF, Sonya Dyah Kusumadewi dan Dosen Muda IPB University, M. Miftah Rahman yang tergabung dalam riset TRADE Hub membahas tentang peran perdagangan global dari komoditas pertanian untuk kesejahteraan masyarakat, kelestarian hutan serta lingkungan.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Informasi lebih lanjut tentang topik ini hubungi Sonya Dyah Kusumadewi di s.dyah@cgiar.org atau M. Miftah Rahman di mmiftahrahman@gmail.com.
Riset ini merupakan bagian dari penelitian CGIAR tentang Hutan, Pepohonan dan Agroforestri, yang didukung pendanaan dari donor CGIAR.
Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cgiar.org