Bagikan
0

Bacaan terkait

Rentang waktu bisa menjadi rumit dalam upaya restorasi hutan. Kita mungkin memiliki argument logis terbaik mengapa menanam pohon dan membiarkannya tumbuh baik lingkungan dan ekonomi. Kendala secara umum adalah tidak memiliki fleksibilitas pendanaan untuk investasi waktu dan sumber daya untuk penanaman dan kemudian menunggu bertahun-tahun – atau puluhan tahun – menunggu manfaat penanaman mulai dapat dipetik.

“Jika kita ingin memulihkan bentang alam,” kata Fitri Aini, ilmuwan dari Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR), “kita juga harus memikirkan berbagai manfaat bagi masyarakat lokal di daerah sekitar. Jika hal tersebut tidak memberikan keuntungan cepat, suatu hari masyarakat akan kembali ke hutan menebang pohon karena mereka perlu uang tunai untuk bertahan hidup. ”

Itulah sebabnya Fitri dan rekan-rekan peneliti di CIFOR, bekerja sama dengan Siti Maemunah dari Universitas Muhammadiyah, mereka mengeksplorasi cara-cara menanam tanaman pohon bio energi yang memberikan manfaat jangka pendek dan jangka panjang bagi masyarakat.

Pandangan Segar untuk Tanah Terabaikan

Kalimantan Tengah merupakan satu dari lima provinsi di pulau Kalimantan. Wilayah provinsi ini meliputi hutan tropis lebat, daerah dataran tinggi terpencil dan sulit dijangkau, dan daerah rawa gambut dataran rendah yang luas. Populasi penduduk tumbuh cepat terdiri dari kumpulan kelompok-kelompok adat Dayak yang berbeda secara budaya – banyak dari masyarakat adat masih mempraktikkan metode pertanian tradisional seperti perladangan berpindah dan teknik tebang-bakar.

   Contoh plot uji coba bioenergi seluas dua hektar di Buntoi, Kalimantan Tengah. Mokhamad Edliadi/CIFOR

Provinsi ini juga memiliki lahan terdegradasi besar sekitar 7,2 juta hektar. Sebagian besar disebabkan oleh konversi hutan untuk jenis penggunaan lahan lainnya, seperti pertanian dan penambangan terbuka. Dalam beberapa tahun terakhir, meningkatnya insiden kebakaran hutan telah meningkatkan degradasi lahan di Kalimantan Tengah, dan sebagian besar lahan yang terbakar – termasuk lahan gambut – telah ditinggalkan karena kesuburan tanah telah menurun.

Deforestasi adalah penyebab utama emisi karbon global, dan degradasi lahan gambut sangat mengerikan; ekosistem ini menyimpan sejumlah besar karbon di bawah tanah, yang dilepaskan ke atmosfer ketika dibakar atau dikeringkan. Sehingga reboisasi lahan gambut sangat masuk akal dari perspektif mitigasi perubahan iklim

Dalam proyek riset ini, para ilmuwan juga meneliti apakah lahan terdegradasi dapat menjadi lokasi yang berguna bagi penanaman tanaman bioenergi. Pemerintah Indonesia berambisi meningkatkan pangsa pasar biodiesel dan energi bioetanol masing-masing menjadi 30 persen dan 20 persen, pada tahun 2025. Saat ini jumlah produksi biofuel di Indonesia masih jauh dari target. Jadi hal ini merupakan kesempatan: dapatkah lahan gambut terdegradasi dan terbengkalai seperti di provinsi Kalimantan Tengah menyediakan lokasi yang berguna untuk tanaman bioenergi – bahkan menyerap lebih banyak karbon di bawah tanah dalam proses tersebut?

"sejumlah LSM telah mengunjungi ... untuk membuat program [mata pencaharian] ... tetapi tidak semua program itu memberikan hasil yang baik"

Fitri Aini

Pohon Tamanu

Para ilmuwan menguji sejumlah spesies pohon yang mungkin memiliki semua atribut yang mereka butuhkan: hasil bio-energi yang tinggi, kemampuan untuk berkembang di lahan gambut yang terdegradasi, dan penyediaan opsi lain untuk menghasilkan pendapatan.

Salah satu spesies yang menonjol adalah tamanu [Calophyllum inophyllum].

Disebut ‘nyamplung’ oleh penduduk setempat, pohon ini menghasilkan hingga 20 ton minyak mentah per hektar setiap tahun. Kayu tanamu telah digunakan di Indonesia sejak zaman kuno, paling terkenal untuk tiang kapal saat tumbuh lurus dan tinggi di tanah pantai berpasir yang berbatu.

Tetapi profil pohon telah meningkat akhir-akhir ini ketika perusahaan kosmetik beralih ke sifat pelembab dan penyembuhan kulit dari minyak hijau tua yang tebal dari tamanu kernel.

Popularitas tamanu sebagai produk kosmetik semakin berkembang sehingga meskipun tamanu asli dari Indonesia, Indonesia sekarang menjadi pengimpor minyak mentah. “Jadi ada pasar di sini, jika kita bisa mengaksesnya,” kata Aini.

Terlebih lagi, pohon ini juga menjadi favorit bagi lebah, dengan produksi madu menggunakan perkebunan tamanu telah terbukti sangat menguntungkan dalam studi CIFOR lain di Kabupaten Wonogiri, Jawa.

Belajar dari Pengalaman

Dalam penelitiannya di Kalimantan Tengah, para peneliti mendekati masyarakat lokal yang baru-baru ini diberikan pengelolaan lahan gambut terdegradasi dari pemerintah, dan mengusulkan penanaman plot eksperimental pohon tamanu.

“Restorasi adalah milik masyarakat, karena mereka adalah pemilik lahan gambut,” kata Aini. Dan awalnya, anggota masyarakat skeptis. “Itu tidak mudah, karena sejumlah LSM telah mengunjungi mereka di sana dan mencoba membuat program [mata pencaharian],” ia menjelaskan, “tetapi tidak semua program itu memberikan hasil yang baik. Jadi kami harus mendiskusikannya dengan mereka dengan sangat terperinci dan memberikan banyak informasi tentang apa yang telah kami temukan dalam penelitian sebelumnya dan manfaat apa yang mungkin mereka peroleh di masa depan. ”

"... ada pasar di sini, jika kita bisa mengaksesnya"

Fitri Aini

Petani lokal setuju untuk menyisihkan 50 hektar lahan gambut terdegradasi untuk penanaman tamanu pada Januari 2019. Pak Misran, salah satu petani ini, mengatakan kepada Aini bahwa ia tertarik untuk bergabung dengan program ini karena ia berharap mendapatkan penghasilan tambahan dari nyamplung di masa depan. Para petani dan mitra masih perlu mengolah sepuluh kali luas itu – sekitar 500 hektar – untuk mendapatkan penghasilan yang dibutuhkan untuk membangun pabrik pengolahan dan mengekstrak bioenergi. “Tapi sebelum itu terjadi, ada beberapa manfaat lain yang bisa dinikmati petani lokal lebih awal,” kata Aini. “Mereka dapat membuat sarang lebah dan menjual madu, dan mereka juga dapat menjual minyak dalam jumlah kecil dengan harga tinggi ke perusahaan kosmetik.”

Belum jelas bagaimana hasil panen tanaman akan terbukti sebagai sumber bioenergi: ada kemungkinan pohon tamanu mungkin tidak menghasilkan cukup kernel untuk membuat produksi bioenergi layak, kata Aini, karena kondisi tanah yang tergenang air. “Jadi kita masih harus menunggu sampai tahun depan ketika kita mendapatkan buahnya,” katanya.

Namun, bahkan jika semua kemungkinan ekonomi lainnya jatuh, para petani masih akan dapat menebang pohon untuk kayu berharga mereka – meskipun para ilmuwan, tentu saja, berharap hal itu tidak terjadi. Apa pun masalahnya, dalam proyek khusus ini, “manfaat bagi masyarakat setempat adalah bagian yang paling penting,” tegas Aini. “Dan kami cukup yakin bahwa itu akan meningkatkan kesadaran masyarakat [tentang manfaat reboisasi] di sepanjang jalan juga.”

Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cifor-icraf.org