Buletin COP28

Belum Berakhir: Kompromi Negosiasi Isu Penghapusan Bahan Bakar Fosil

Format Perundingan Majlis Diharapkan Membawa Perubahan
Bagikan
0
Dr. Sultan Al Jaber, Presiden COP28 berbicara dalam Sorotan Khusus: Sesi Perundingan Majlis di UNFCCC COP28, Expo City Dubai, 10 Desember 2023, Dubai, Uni Emirat Arab. Foto oleh: Christopher Pike/COP28

Bacaan terkait

Penyelenggaraan COP28 akan segera berakhir, dan kita sedang menantikan keputusan-keputusan penting yang dihasilkan. Minggu, 11 Desember 2023 mungkin menjadi salah satu puncak perundingan tentang kesepakatan penghapusan bahan bakar fosil.

Negosiasi sengit terjadi ketika lebih dari 80 negara, termasuk Amerika Serikat, Uni Eropa, dan negara-negara kepulauan kecil, berhadapan dengan perlawanan dari kelompok produsen minyak OPEC dan sekutunya terkait perbedaan pandangan, terutama mengenai target dan bahasa yang akan digunakan dalam draft kesepakatan akhir COP28.

Teks rancangan kesepakatan akhir COP28 mencakup tiga opsi. Opsi pertama mengusulkan “penghentian teratur dan adil penggunaan bahan bakar fosil,” di mana istilah “adil” menunjukkan bahwa negara-negara kaya dengan sejarah pembakaran bahan bakar fosil yang panjang akan menghentikan lebih cepat daripada negara-negara miskin yang sedang mengembangkan sumber dayanya. Opsi kedua menyerukan “percepatan upaya menuju penghentian penggunaan bahan bakar fosil tanpa penanggulangan,” sementara opsi ketiga adalah menghindari menyebutkan penghentian penggunaan bahan bakar fosil.

Terkait dengan hutan, biodiversitas, dan iklim, penghapusan bahan bakar fosil memiliki keterkaitan dengan NDC di mana negara-negara bergantung pada jumlah lahan yang tidak realistis untuk mencapai NDC mereka, dan pembaruan tahun 2023 mengonfirmasi bahwa ekonomi bahan bakar fosil beremisi tinggi paling bergantung pada lahan untuk mencapai netralitas karbon. Dengan kata lain, semakin besar kesenjangan lahan, semakin lama penghapusan bahan bakar fosil akan terlambat.

Atas inisasi Presiden COP28, Sultan al-Jaber, ia mengubah format perundingan dengan mengadakan ‘majlis’ (pertemuan bersama) yang melibatkan perwakilan negara duduk melingkar. Beliau memimpin dengan meminta para peserta berbicara terbuka dan menghindari membawa pernyataan dan posisi yang telah disiapkan sebelumnya.

Adnan Amin, CEO COP28 mengemukakan dua pertanyaan untuk para menteri dan delegasi negara sebagai pertimbangan:

  • Tentang Mitigasi – Bagaimana kita membangun ambisi transformasional dalam mitigasi sambil mengatasi transisi yang adil dan setara, beserta kebutuhan dukungan yang sesuai untuk hal ini?
  • Tentang Adaptasi – Bagaimana kita dapat mengatasi secara kredibel kesenjangan dalam pendanaan dan tindakan adaptasi?

Presiden COP mengakhiri sesi dengan menyebut tahap akhir dan merujuk Majlis ini sebagai Majlis pembuat perubahan. Beliau menekankan perlunya menghormati ilmu pengetahuan dan mengajak para pembuat perubahan untuk mendorong ambisi maksimum.

Dalam edisi kesebelas Buletin Iklim, Keanekaragaman Hayati, dan Hak, kami menyoroti beberapa poin penting yang dibahas di hari ke-11 COP28 sebagai berikut:

  • Negara-negara bersaing dalam hal penghapusan bahan bakar fosil dalam Majlis pertama.
  • Hampir semua negosiasi terhenti karena kesulitan mencapai kesepakatan, dan perundingan sepanjang malam difokuskan pada Pasal 6.
  • Transformasi sistem pangan menjadi pusat perhatian, dengan acara tingkat tinggi membahas implementasi berbagai komitmen yang dibuat dalam minggu pertama.
  • Organisasi masyarakat sipil meningkatkan upaya terakhir untuk memastikan inklusi penghapusan bahan bakar fosil dalam keputusan COP28.

Jangan lewatkan dan ikuti buletin berita kami yang disajikan rutin setiap hari selama COP28. Lihat edisi sebelumnya di sini.

Jika Anda berada di Dubai atau mengikuti perkembangan pertemuan Konferensi Para Pihak (COP) Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) ke-28, daftar di Buletin Iklim, Keanekaragaman Hayati, dan Hak yang meringkas informasi terkini dari perundingan, negosiasi, dan acara-acara penunjang dan tambahan.


Program Harian: https://unfccc.int/documents/634292  
Halaman resmi COP28: https://unfccc.int/cop28
Panduan Pengamat: https://unfccc.int/documents/633166
Tentang Lokasi COP28: https://www.cop28.com/en/cop28-uae-venue

(Visited 1 times, 1 visits today)
Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cifor-icraf.org