Podcast

Sumber Pangan dan Gizi Hewani dari Mangrove

Ekosistem mangrove sebagai habitat hidup ikan yang kaya protein
Bagikan
0
Kepiting hasil tangkapan nelayan di Teluk Pangpang, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi. Foto oleh: Rifky/CIFOR-ICRAF

Bacaan terkait

Mangrove merupakan salah satu tipe ekosistem pesisir yang memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Kontribusi mangrove di antaranya mendukung ketahanan pangan, gizi, dan mata pencaharian masyarakat. Beberapa gizi masyarakat di kawasan mangrove dapat terpenuhi dari hasil tangkapan seperti ikan, kerang, dan kepiting bakau. Ekosistem ini juga dikenal sebagai habitat hidup ikan dan hewan air lainnya yang dapat dikonsumsi dan dijual oleh masyarakat.

Sebagai sumber makanan hewani, ikan mengandung protein yang tinggi serta mikronutrien seperti zinc, zat besi, dan kalsium yang baik bagi pertumbuhan anak. Ketersediaan ikan yang melimpah dan mudahnya akses menjadikannya sebagai sumber pangan penting, yang tentunya harus diikuti dengan pengelolaan mangrove secara lestari.

Bersama Peneliti CIFOR-ICRAF, Mulia Nurhasan di episode terbaru podcast Bincang Hutan, mari bersama telusuri sumber pangan dan gizi hewani dari mangrove.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Informasi lebih lanjut tentang topik ini hubungi Mulia Nurhasan di m.nurhasan@cgiar.org.
Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cgiar.org