Bagikan
0

Bacaan terkait

Setelah Perang Korea pada pertengahan 1950-an, semenanjung Korea terpecah, ekonomi dan masyarakatnya berantakan dan hutannya hancur. Republik Korea mengakui peran yang dapat dimainkan hutan dalam pemulihan negara yang baru terbentuk dan menjadikannya prioritas nasional untuk menghapus kerusakan yang disebabkan oleh pemboman intensif dan dekade kesalahan manajemen kolonial.

Setengah abad kemudian, negara berpenduduk 50 juta jiwa dengan ukuran yang sama dengan Islandia ini telah menggandakan cakupan hutannya menjadi 65 persen, menciptakan sumber daya yang menyediakan udara dan air bersih, peluang ekonomi dan kesejahteraan di samping mitigasi perubahan iklim dan adaptasi. Perubahan itu jelas tidak mudah dan membutuhkan upaya bersama dari pemerintah dan masyarakat sipil.

“Bukit-bukit tandus di Korea sangat membutuhkan pemulihan,” kata Ban Ki-Moon, mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, dalam pidatonya di Pekan Hutan Asia-Pasifik di Incheon, Korea Selatan. Kerjasama adalah kunci keberhasilan transformasi Korea Selatan. “Tugas-tugas itu terlalu besar untuk satu negara atau lembaga mana pun dan kami perlu bekerja sama,” katanya.

Bukit-bukit tandus di Korea sangat membutuhkan pemulihan

Ban Ki-Moon

Keberhasilan reboisasi Korea menyoroti peluang bagi kawasan Asia-Pasifik, yang memiliki jumlah hutan per kapita paling sedikit di dunia, dari manfaat hutan yang sehat. Penelitian tentang hutan oleh Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR) dan organisasi lain meningkatkan pemahaman tentang kontribusi hutan terhadap ekonomi, kesehatan dan kesejahteraan, di samping peran mereka dalam mengatasi perubahan iklim.

Namun, setiap tahun, dunia kehilangan 650 juta hektar hutan alam, atau 750 hektar per jam, menurut Green Climate Fund. Hal ini sama dengan lebih dari satu miliar ton emisi karbon per tahun – di samping semua jasa ekosistem lainnya yang hilang.

“Mengapa hutan penting? Karena hutan mempunyai fungsi memperlambat perubahan iklim dan meningkatkan ketahanan, ”kata Robert Nasi, direktur jenderal Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR).

Hutan juga membantu menopang pertanian termasuk menampung penyerbuk, mengendalikan hama, dan mengatur air, kata Nasi. Mereka juga meningkatkan kesejahteraan melalui kegiatan seperti konsep pemandian hutan Jepang atau “Shinrin Roku.” “Dunia membutuhkan lebih banyak hutan dan penggunaan produk hutan yang lebih besar,” tambah Nasi.

Mengapa hutan penting? Hutan penting karena dapat memperlambat perubahan iklim dan meningkatkan ketahanan

Robert Nasi

Sejumlah inisiatif di seluruh Asia menyoroti manfaat melindungi hutan. Kebijakan kehutanan sosial di Indonesia telah berfokus pada melindungi hutan dan menekankan hasil hutan non-kayu, termasuk buah-buahan dan serat, menurut Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya. “Kehutanan sosial telah membantu menunjukkan bahwa hutan primer harus dilindungi untuk manfaat ini,” katanya, saat berpidato di Incheon.

Kebijakan kehutanan sosial Indonesia memungkinkan masyarakat untuk memproduksi tanaman pangan dan berpartisipasi dalam ekowisata, menyediakan lapangan kerja dan keamanan ekonomi, kata Nurbaya. Produksi karet skala kecil untuk digunakan dalam pembuatan ban adalah contoh lain dari jenis peluang ekonomi yang ada untuk kawasan hutan, tambahnya.

Vietnam telah memiliki sistem Pembayaran untuk Jasa Ekosistem, atau PES, termasuk perlindungan daerah aliran sungai, perlindungan bentang alam untuk tujuan estetika dan konservasi keanekaragaman hayati untuk pariwisata, penyerapan karbon hutan, dan penyediaan layanan hidrologi hutan untuk pemijahan di perikanan pantai dan akuakultur sejak 2010.

Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hutan, meningkatkan kontribusi sektor kehutanan terhadap ekonomi nasional, mengurangi beban keuangan Vietnam untuk perlindungan dan pengelolaan hutan, dan meningkatkan kesejahteraan sosial, menurut sebuah studi oleh program penelitian CGIAR tentang Hutan, Pohon. dan Agroforestri. Di daerah di mana degradasi lingkungan lebih jelas, kebijakan tersebut lebih efektif, kata ilmuwan senior CIFOR, Pham Thu Thuy.

Hutan akan menjadi kendaraan untuk mempromosikan perdamaian dan kemakmuran di seluruh dunia

Kim Jae-hyun

Transisi ke sistem di mana hutan dihargai lebih dari manfaatnya mengharuskan rimbawan untuk menjadi “pengelola lahan” dan lebih sering terlibat dengan masyarakat, kota, sektor keuangan, antara lain, kata Ben Gunneberg, Sekretaris Jenderal, Programme for the Endorsement of Forest Certification. “Sangat penting untuk berhenti memikirkan manfaat hutan hanya berupa kayu.”

Korea Selatan memiliki aspirasi yang lebih besar. Negara itu berencana untuk memperluas manfaat hutan bagi semua orang di semenanjung Korea, termasuk Korea Utara, kata Kim Jae-hyun, menteri kehutanan Korea. Dan mungkin lebih luas lagi.

“Hutan dapat menjadi kendaraan untuk mempromosikan perdamaian dan kemakmuran di seluruh dunia,” katanya.

Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cifor-icraf.org