Analisis

Kriminalitas yang perlu dibayar

Jangan takut akan tertangkap. Para petugas pemerintah tidak pernah mengusik para pedagang besar.
Bagikan
0

Bacaan terkait

Apabila anda terus menerus mengalami kerugian dalam jual beli saham, maka kini sudah saatnya bagi anda untuk cepat menjadi kaya dengan menjual satwa liar yang dilindungi dari Selva Maya di Chiapas Meksiko.

Jangan takut akan tertangkap. Para petugas pemerintah di sana tidak pernah mengusik para pedagang besar. Kadang-kadang mereka memanfaatkan para petani miskin, tetapi hanya satu persen saja dari mereka yang pada akhirnya tertangkap dan diharuskan membayar denda.

Cara lain untuk memperoleh keuntungan dengan mudah adalah dengan mengangkut kayu ilegal dari Papua, Indonesia. Setiap pengapalan bisa mendatangkan keuntungan sampai dengan USD 100.000. Walaupun kapal-kapal besar yang dipenuhi kayu ilegal lebih mencolok mata, polisi hanya memeriksa sekitar tiga persen saja dari seluruh kapal yang mengangkut kayu ilegal tersebut. Disamping itu, 80 persen yang tidak tertangkap tidak sepeserpun membayar denda, sementara kapal-kapal yang tertangkap pada umumnya hanya dikenakan denda sebesar USD 1000 saja.

Anda juga bisa memperoleh keuntungan yang sangat besar dari kegiatan illegal logging dalam skala kecil di hutan-hutan Atlantik di Bahia, Brazil; dan juga pencurian ikan di Palawan, Filipina. Para investor mengetahui hal tersebut, dan semua ini merupakan kejahatan lingkungan.

“Penguatan jaringan terlemah, strategi untuk meningkatkan penegakan hukum lingkungan secara global” (Strengthening the Weakest Links, Strategies for Improving the Enforcement of Environmental Laws Globally), yang disusun oleh Anita Akella dan Jim Cannon dari Conservation International menjelaskan mengapa hal ini bisa terjadi. Hukum dan prosedur seringkali membingungkan. Para penegak hukum, jaksa, dan hakim jarang sekali bekerja sama dengan baik satu sama lain. Orang-orang yang bekerja di lingkungan peradilan tidak banyak mengerti mengenai hukum lingkungan dan prosedur. Kekhawatiran mereka lebih banyak ditujukan terhadap peristiwa-peristiwa perampokan dan pembunuhan. Tidak seorangpun yang memonitor apa yang terjadi, atau menyusun strategi yang jelas untuk mencapai hasil yang memuaskan dalam menangani kasus-kasus lingkungan.

Mengahadapi kenyataan ini, kebanyakan orang barangkali akan berputus asa dan menyerah. Namun, marilah kita berharap untuk tidak demikian. Adalah sulit untuk mewujudkan harapan ini pada semua hutan lindung dan satwa liar yang dilindungi. Kecuali kita dapat menegakkan paling tidak beberapa hukum dan peraturan lingkungan yang sangat penting. Menyerahkannya hanya kepada pasar sendiri nampaknya tidak akan berhasil dengan baik.

Untuk meningkatkan penegakan hukum, kita perlu memperkuat seluruh sistim yang ada. Hal ini memerlukan kebijakan baru dan prosedur, tambahan dana dan latihan, keterbukaan yang lebih besar, dan monitoring yang sistimatis. Para pelanggar hukum harus ditindak dan dikenakan sangsi yang tegas, tidak hanya ditahan. Tindakan yang dilakukan setelah penahanan seringkali sangat lemah. Hukum yang berlaku perlu lebih realistis dan adil, dan juga ditegakkan dengan adil. Keluarga miskin di tengah hutan perlu memperoleh sumber pendapatan yang lain, sementara masyarakat luas perlu mengerti mengapa semua ini penting. Selain itu, perlu dibuat aturan yang bisa mengurangi permintaan akan produk-produk ilegal. Semua ini tidak semudah membalik telapak tangan. Kita masih memerlukan cara yang lebih tepat agar tindakan-tindakan kriminal perlu menanggung akibatnya, dan bukan hanya kriminalitasnya saja.

(Visited 115 times, 2 visits today)
Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cgiar.org

Bacaan lebih lanjut

Untuk memperoleh salinan elektronik artikel ini dalam format pdf secara cuma-cuma, anda dapat mengajukannya kepada Ingrid Neubauer dengan alamat email mailto:i.neubauer@conservation.org

Anda dapat pula mengirimkan komentar atau pertanyaan lain kepada Anita Akella dengan alamat email: mailto:a.akella@conservation.org atau Jim Cannon pada alamat email: mailto:j.cannon@conservation.org

Referensi lengkap untuk artikel ini adalah Akella, A.S. and J.B. Cannon. 2004. "Strengthening the Weakest Links: Strategies for Improving the Enforcement of Environmental Laws Globally." Washington, DC: Conservation International -- Center for Conservation and Government, September 2004.