Bagikan
0

Bacaan terkait

Permainan berbagi peran (role-playing game) ini memberikan wawasan tentang interaksi masyarakat terhadap keputusan-keputusan pengelolaan lahan dan keberlanjutan mata pencaharian. Termasuk memberikan pemahaman akan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan seperti pembagian tenaga kerja, modal keuangan, latar belakang sosial ekonomi dan persepsi seputar jasa ekosistem.

Nara sumber peneliti CIFOR, Heru Komarudin dan Dr. Nur Hasanah Mufti menjelaskan akan pentingnya pengambilan keputusan tidak hanya tercapainya sebuah kesepakatan bersama tetapi juga bagaimana kualitas dari keputusan itu.

Tim riset Oil Palm Adaptive Landscapes (OPAL) melakukan 12 sesi permainan dengan komunitas lokal di Kutai Kartanegara di provinsi Kalimantan Timur dan dengan pemerintah daerah setempat.

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
Informasi lebih lanjut tentang topik ini hubungi Heru Komarudin di H.Komarudin@cgiar.org.
Riset ini merupakan bagian dari penelitian CGIAR tentang Hutan, Pepohonan dan Agroforestri, yang didukung pendanaan dari donor CGIAR.
Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cgiar.org