Buletin COP28

Pembicaraan COP28 Dimulai dengan Kesepakatan Bersama tentang Dana Kerugian dan Kerusakan

Edisi kedua Bulletin Iklim, Keanekaragaman Hayati, dan Hak telah tersedia
Bagikan
0
Sesi pleno pembuka di COP28, Dubai. Foto oleh: Kiara Worth/UNFCCC

Bacaan terkait

Pencapaian bersama terkait Dana Kerugian dan Kerusakan sebesar 400 juta dolar AS merupakan suatu terobosan besar yang dihasilkan dari konferensi iklim COP28 di Dubai. Para delegasi setuju mengenai operasionalisasi dana yang akan membantu mengganti rugi negara-negara rentan terkait dengan kerugian dan kerusakan yang disebabkan oleh perubahan iklim.

Sultan al-Jaber, Presiden konferensi iklim COP28, telah menyatakan bahwa negaranya, Uni Emirat Arab, akan berkomitmen menyumbangkan 100 juta dolar ASuntuk dana tersebut. Jerman juga dilaporkan berjanji untuk memberikan kontribusi sebesar 100 juta dolar AS ke dana tersebut. Amerika Serikat dan Jepang juga telah mengumumkan kontribusi untuk dana tersebut.

Jika Anda berada di Dubai atau mengikuti perkembangan pertemuan ke-28 Konferensi Para Pihak (COP) Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC), Buletin Iklim, Keanekaragaman Hayati, dan Hak meringkas informasi terkini dari perundingan, negosiasi dan acara-acara penunjang dan tambahan.

Dalam edisi kedua ini, kami mengeksplorasi beberapa poin penting yang dibahas selama pleno pembukaan, termasuk intervensi yang dilakukan oleh kelompok-kelompok kunci dari negara-negara, masyarakat sipil, dan masyarakat adat.

  • Sejarah tercipta dengan dioperasionalkannya Dana Kerugian dan Kerusakan serta ratusan juta dolar yang dijanjikan pada hari pertama Konferensi PBB tentang Perubahan Iklim (COP)
  • Agenda baru terkait pegunungan, ekosistem, dan iklim tidak masuk ke dalam agenda pertemuan. Sebagian pihak kecewa akan hasil ini.
  • Isu tentang Keterkaitan keanekaragaman hayati dan iklim berusaha terus dibahas, termasuk kebijakan baru di Dialog Iklim dan Laut, dan seruan untuk meningkatkan sinergi UNFCCC dan Konvensi Keanekaragaman Hayati.
  • Kekhawatiran muncul di beberapa pihak bahwa Badan Pengawas Artikel 6.4 perlu untuk meninjau kembali pendekatan terhadap sektor lahan dan hutan.
  • Kelompok masyarakat adat dan kelompok keadilan iklim menyuarakan hal yang sama tentang isu-isu terkait dengan Pasal 6, meyuarakannya bersama di sesi pleno pembuka.
  • Puncak Aksi Iklim Dunia dimulai hari ini, 1 Desember 2023. Acara tersedia daring dan susunan pembicara dapat dilihat di sini.
  • Jika Anda terliwatkan edisi kemarin, edisi perdana Buletin Harian kami tersedia di sini – pandangan umum mencakup sejumlah hal menarik yang kami harapkan akan terjadi selama COP28 selama dua minggu mendatang.

Jika Anda berada di Dubai atau mengikuti perkembangan pertemuan ke-28 Konferensi Para Pihak (COP) Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC), Buletin Iklim, Keanekaragaman Hayati, dan Hak meringkas informasi terkini dari perundingan, negosiasi dan acara-acara penunjang dan tambahan.


Tautan penting terkait COP28:

Program Harian: https://unfccc.int/documents/634292  
Halaman resmi COP28: https://unfccc.int/cop28
Panduan Pengamat: https://unfccc.int/documents/633166
Tentang Lokasi COP28: https://www.cop28.com/en/cop28-uae-venue

(Visited 1 times, 1 visits today)
Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cifor-icraf.org