Buletin COP28

Hutan Tropis Lestari dan Transformasi Sistem Pangan: Inisiasi Besar di COP28

Buletin Iklim, Keanekaragaman Hayati, dan Hak di COP28
Bagikan
0
Inisiasi Transformasi Sistem Pangan di Al Waha Theatre COP28 di Expo City Dubai pada 1 Desember 2023, di Dubai, Uni Emirat Arab. Foto oleh: Christophe Viseux/COP28

Bacaan terkait

134 pemimpin dunia telah menandatangani deklarasi pertanian, pangan, dan tindakan iklim di hari kedua COP28. Dalam sesi tematik pertama KTT Aksi Iklim Dunia ini, para kepala negara sepakat untuk mendukung dan mengutamakan pangan dan pertanian dalam agenda iklim mereka.

Menurut Jokowi, Presiden Republik Indonesia dalam pidatonya, saat ini tidak ada solusi yang dapat diterapkan secara seragam untuk mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan, “karena setiap negara memiliki kekuatan yang berbeda.”

“Kerjasama global harus diperkuat. Di sisi lain, investasi untuk pertanian dan sektor pertanian sangat diperlukan, terutama karena sektor pertanian dan produk pertaniannya juga dapat menghasilkan energi yang lebih ramah lingkungan,” ujarnya.

Di hari yang sama, Brasil menginisiasi Tropical Forests Forever, suatu skema pembayaran kepada penduduk dan pemilik tanah yang menjaga kelestarian hutan tropis. Perhitungan nilai didasarkan dari luasnya kawasan yang dilindungi alih-alih menghitungnya dari nilai karbon, keanekaragaman hayati atau jasa lingkungan.

Dalam edisi ketiga Buletin Iklim, Keanekaragaman Hayati, dan Hak CIFOR-ICRAF, kami menyoroti beberapa poin penting yang dibahas pada hari ketiga COP28 sebagai berikut:

  • Berbagai perundingan telah dimulai terkait isu pertanian, pasar karbon, dan pendekatan non-pasar.
  • Teks rancangan Global Stocktake (GST) dan pertemuan kedua memberikan titik awal bagi para pihak untuk bernegosiasi.
  • Para Pemimpin Dunia bertemu di hari kedua COP28. Beragam pernyataan dikeluarkan terkait Fasilitas Tropical Forests Forever yang diinisiasi oleh Brasil, Deklarasi Emirates Sustainable Agriculture, Resilient Food Systems dan Aksi Iklim yang digagas oleh Uni Emirat Arab. Namun bagaimana dengan realisasi pelaksanaannya?
  • Ikuti pantauan kami dari berbagai negosiasi di sesi-sesi utama hari ketiga COP28, termasuk liputan dari acara-acara pendukung.
  • Edisi pertama ‘On the Side’ – berisi rangkuman berita dari sesi-sesi pendukung.
  • Jangan lewatkan dan ikuti terus Buletin ini selama dua minggu ke depan. Rangkuman berita kami sajikan rutin setiap hari. Lihat edisi sebelumnya di sini.

Jika Anda berada di Dubai atau mengikuti perkembangan pertemuan ke-28 Konferensi Para Pihak (COP) Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC), Buletin Iklim, Keanekaragaman Hayati, dan Hak meringkas informasi terkini dari perundingan, negosiasi dan acara-acara penunjang dan tambahan.


Tautan penting terkait COP28:

Program Harian: https://unfccc.int/documents/634292  
Halaman resmi COP28: https://unfccc.int/cop28
Panduan Pengamat: https://unfccc.int/documents/633166
Tentang Lokasi COP28: https://www.cop28.com/en/cop28-uae-venue

(Visited 1 times, 1 visits today)
Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cifor-icraf.org