Bagikan
0

Ini saatnya membuat kaki-kaki anda masuk ke dalam rawa. Setiap tanggal 2 Februari dunia merayakan Hari Lahan Basah yang bertujuan meningkatkan kesadaran global akan peran penting lahan basah bagi manusia dan kehidupan. Sekaligus menandai adopsi Konvensi Lahan Basah tahun 1971 di kota Ramsar di Iran (terkenal dengan nama Konvensi Ramsar).

Lahan basah, di antara fungsi ekologis lainnya, dikenal karena kemampuannya menyimpan karbon dalam jumlah banyak. Sebab itu peran ekosistem lahan basah sangat penting bagi mitigasi perubahan iklim.

Saat ini, lahan basah hampir di seluruh dunia – terutama lahan basah di kawasan hutan – tengah mengalami percepatan laju deforestasi tinggi. Hal ini tidak hanya membahayakan potensi simpanan karbon, tapi juga membahayakan jasa ekosistem penting lain-lain, termasuk pengaturan air, habitat untuk satwa liar, pangan, dan bahkan perlindungan terhadap bencana.

Cari tahu lebih banyak tentang pentingnya peran lahan basah dengan mengikuti Kuis Hari Lahan Basah Dunia.

Riset ini merupakan bagian dari penelitian CGIAR tentang Hutan, Pepohonan dan Agroforestri, yang didukung pendanaan dari donor CGIAR.
Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cgiar.org
Topik :   Lahan Gambut

Lebih lanjut Lahan Gambut

Lihat semua