Meneliti Variabilitas Hasil dalam Konservasi Hutan Global

Peningkatan Konservasi Terungkap dalam Meta-Analisis.
Bagikan
0

Bacaan terkait

Inisiatif di bawah REDD+ (“Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation, Conservation of Forests, Sustainable Forest Management, dan Enhancement of Forest Carbon Stocks”) telah menjadi salah satu harapan utama untuk menghentikan kehilangan hutan tropis dan mengatasi emisi gas rumah kaca sejak Konferensi Perubahan Iklim di Bali pada tahun 2007.

Namun, REDD+ juga menghadapi kontroversi, sering kali dipandang sebagai upaya negara-negara di belahan utara untuk menerapkan solusi perubahan iklim yang jauh dari sumber masalahnya. Selain itu, banyak inisiatif offset karbon hutan swasta terbukti menghasilkan “udara panas,” dengan berpura-pura menghentikan deforestasi berdasarkan tolok ukur yang tidak konsisten di lokasi dengan ancaman deforestasi yang rendah, sehingga sedikit menghasilkan perubahan yang nyata.

Jadi, jika kita melihat kembali setelah dua dekade sejak dimulainya REDD+, seberapa besar kerangka ini telah memberikan hasil yang signifikan untuk lingkungan dan kehidupan masyarakat lokal, berdasarkan semua penelitian kuantitatif yang telah dipublikasikan?

Pertanyaan ini dijawab dalam makalah terbaru yang disusun oleh Pusat Penelitian Kehutanan Global dan World Agroforestry (CIFOR-ICRAF) sebagai bagian dari Studi Perbandingan Global REDD+, yang dipublikasikan di jurnal Communications Earth & Environment dari Nature-Springer. Dalam meta-studi ini, para peneliti mengidentifikasi 32 studi kuantitatif yang menggunakan metode statistik yang “ketat.” Para peneliti menilai kondisi yang seharusnya terjadi tanpa intervensi REDD+ (‘Apa yang mungkin terjadi jika tidak ada intervensi REDD+?’) dengan membandingkan data dari lokasi yang relevan.

Para peneliti mengidentifikasi 26 efek kuantitatif terkait hutan dan 12 efek sosioekonomi dari studi kasus REDD+. Meskipun jumlah ini mungkin terlihat sedikit untuk periode satu setengah dekade pelaksanaan REDD+, evaluasi dampak kuantitatif dari inisiatif ini masih tertinggal, seperti yang terjadi di banyak bidang lingkungan lainnya. Dalam hal ukuran hutan, tindakan REDD+ paling efektif di Andes, Indonesia, dan Afrika Timur, sementara penelitian mengenai dampak REDD+ cenderung terlalu terfokus pada Amerika Latin.

Secara keseluruhan, para peneliti menemukan bahwa dampak REDD+ terhadap konservasi hutan cukup signifikan secara statistik, baik untuk program swasta (LSM atau komersial) maupun program publik—meskipun terdapat variasi yang cukup besar. Beberapa studi menunjukkan bahwa ketika pembayaran REDD+ dihentikan, deforestasi cenderung meningkat kembali, meskipun keuntungan konservasi sementara tidak sepenuhnya hilang.

Hasil lingkungan yang dicapai, meskipun mungkin tidak selalu mencolok, ternyata lebih baik daripada yang diperkirakan berdasarkan studi sebelumnya tentang pasar karbon sektor swasta. Salah satu alasan utamanya adalah cakupan tindakan REDD+ yang lebih luas dalam studi ini, mencakup inisiatif sektor swasta, upaya LSM, dan program pemerintah PES (Pembayaran untuk Jasa Ekosistem). Kombinasi ini memberikan perspektif yang lebih seimbang, tidak hanya didominasi oleh aktor-aktor yang kadang-kadang disebut ‘koboi karbon.’

Para peneliti menyadari bahwa memiliki sampel yang beragam sangat penting untuk memahami berbagai hasil konservasi hutan. Terutama, program-program yang dijalankan oleh LSM dengan dasar ilmiah yang kuat sering kali menerapkan desain REDD+ yang mutakhir dan menghasilkan hasil yang sangat baik. Hal ini membantu mereka menunjukkan bahwa intervensi REDD+ yang dirancang dengan baik dapat berhasil di konteks hutan tropis.

Sebaliknya, proyek-proyek yang berada di daerah terpencil—yang sulit diakses oleh jalan dan pasar—cenderung menghadapi tekanan deforestasi yang rendah pada awalnya. Akibatnya, dampak REDD+ yang dievaluasi di kawasan ini lebih kecil, karena sulit untuk menghasilkan perbedaan positif tanpa adanya ancaman deforestasi yang signifikan. Selain itu, efektivitas inisiatif REDD+ bisa ditingkatkan dengan memusatkan perhatian pada sub-wilayah, komunitas, atau pemilik lahan yang strategis, memberikan mereka akses prioritas ke program. Langkah ini berpotensi memperkuat dampak intervensi terhadap konservasi hutan.

Namun, beberapa hasil REDD+ yang tidak optimal tidak hanya disebabkan oleh lokasi atau desain yang kurang memadai. Banyak proyek REDD+ menghadapi aliran dana yang tidak stabil dari pasar karbon yang fluktuatif. Ketidakpastian finansial ini membuat inisiatif tersebut enggan untuk berkomitmen jangka panjang dengan pemilik lahan dan komunitas lokal. Sebagai hasilnya, banyak proyek menjadi sementara atau hanya mencoba berbagai tindakan tanpa strategi jangka panjang yang jelas. REDD+ kemudian berfungsi dalam mitigasi perubahan iklim seperti proyek konservasi dan pengembangan terpadu dalam konservasi keanekaragaman hayati—sebagai konsep payung untuk berbagai tindakan yang beragam.

Dampak REDD+ terhadap kesejahteraan lokal (seperti pendapatan, konsumsi, aset, dll.) cenderung lebih kecil atau bahkan tidak ada dibandingkan dengan efek lingkungannya. Dampak positif rata-rata biasanya lebih signifikan pada pendapatan dan pengeluaran rumah tangga lokal daripada pada kesejahteraan subjektif masyarakat, hal ini mencerminkan seringnya kekecewaan terhadap harapan tinggi yang awalnya ditimbulkan oleh REDD+. Dalam hal ini, desain inovatif sangat berperan. Membedakan pembayaran REDD+ di antara penerima manfaat (misalnya, berdasarkan biaya peluang konservasi yang bervariasi) alih-alih memberikan tarif yang sama, dapat meningkatkan dampak sosial-ekonomi dan membantu menangani isu keadilan lokal dengan lebih efektif.

Ketika para peneliti membandingkan dampak ini dengan tindakan konservasi lainnya, seperti area terlindungi atau bersertifikasi, kinerja dampak lingkungan REDD+ berada pada tingkat rata-rata: tidak lebih baik atau lebih buruk. Namun, variasi dampak ini penting karena intervensi REDD+ sedang diperluas ke tingkat yurisdiksi. Jika para pelaksana di berbagai tingkatan dapat mengambil pelajaran yang tepat dari pengalaman REDD+ generasi pertama—termasuk upaya yang lebih terfokus di area kritis, perbaikan kontrak, strategi jangka panjang yang lebih jelas, dan keandalan pasar yang lebih baik—intervensi di masa depan berpotensi mencapai dampak yang lebih tinggi.

Dua dekade terakhir penerapan REDD+ memberikan pengalaman belajar yang kompleks namun berharga. Meskipun tidak menghasilkan hasil yang signifikan seperti yang diharapkan sebelumnya, REDD+ telah memberikan kontribusi nyata terhadap konservasi hutan, terutama di daerah di mana proyek-proyek yang berbasis ilmiah dan dirancang dengan baik dilaksanakan. Upaya awal ini memberikan pelajaran penting untuk ekspansi REDD+: penargetan yang lebih cerdas, stabilitas keuangan yang lebih baik, dan komitmen jangka panjang terhadap hasil lingkungan serta sosial-ekonomi. Dengan perbaikan ini, inisiatif REDD+ di masa mendatang berpotensi menjadi alat yang lebih efektif dalam melawan deforestasi serta sebagai model untuk tindakan iklim yang berkelanjutan dan adil.

Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cifor-icraf.org