Buletin COP28

Teks Rancangan Perjanjian COP28 yang ‘Mengecewakan’

Bisakah kesepakatan akhir dicapai sebelum penutupan COP28?
Bagikan
0
Dr. Sultan Al Jaber, Presiden COP28 pada sesi ‘the Global Climate Action High-Level Event (closing): Uniting on the Pathway to 2030 and Beyond’ di UNFCCC COP28, Expo City Dubai, 11 Desember 2023, Dubai, Uni Emirat Arab. Foto oleh: Christopher Pike/COP28

Bacaan terkait

Pada Senin, 11 Desember 2023, sekitar pukul 16.30 waktu Dubai, Presiden COP28 merilis draf Global Stocktake setelah melalui negosiasi penuh drama.

Teks mengenai bahan bakar fosil telah dikritik keras sepanjang konferensi karena dianggap terlalu lemah. Paragraf 39 dari teks tersebut sangat lemah karena menggunakan kata ‘bisa’ mengenai tindakan yang seharusnya diambil oleh negara-negara.

Teks tersebut juga tidak menyebutkan ‘pengurangan penggunaan’ bahan bakar fosil. Dalam konteks ini, teks mendukung berbagai teknologi, termasuk penangkapan dan pemanfaatan karbon serta penyimpanan, serta produksi hidrogen rendah karbon, untuk meningkatkan upaya menggantikan bahan bakar fosil tanpa pengurangan dalam sistem energi.

Selain itu, teks menyatakan bahwa negara-negara dapat mengurangi baik konsumsi maupun produksi bahan bakar fosil secara adil, tertib, dan berkeadilan untuk mencapai netralitas bersih pada, sebelum, atau sekitar tahun 2050 sesuai dengan ilmu pengetahuan.

Respon terhadap teks draf ini disambut dengan sorak kekecewaan dan kekhawatiran dari para pihak dan pengamat. Pendapat beragam muncul, mulai dari pandangan bahwa ini adalah agenda industri bahan bakar fosil, hingga pandangan kurangnya dukungan keuangan dari negara-negara maju.

Beberapa pihak menyalahkan proses, sementara yang lain menuding Presiden COP29 sebagai penyebabnya. Pihak lain menyatakan bahwa tuntutan untuk pengurangan penggunaan bahan bakar fosil hanyalah pencitraan dan isyarat kebaikan tanpa niat nyata untuk melaksanakannya.

Sementara itu, dalam negosiasi Pasal 6, upaya putus asa terus berlanjut karena mereka mencoba menyetujui teks untuk membentuk pasar karbon berintegritas tinggi. Sekali lagi, diskusi ini dihantui oleh perpecahan, perbedaan pendapat, dan kemungkinan hasil terendah yang mungkin, hanya demi mencapai kesepakatan.

COP28 dijadwalkan selesai pada 12 Desember 2023, menjadi hari penting dalam pertanggungjawaban proses UNFCCC, di mana para negara berusaha menemukan solusi. Kita berharap akan ada kesepakatan akhir yang kemungkinan besar akan tercapai.

Dalam edisi kedua belas Buletin Iklim, Keanekaragaman Hayati, dan Hak, kami menyoroti beberapa poin penting yang dibahas di hari ke-12 COP28 sebagai berikut:

  • Draf teks GST telah dirilis dan hampir semua pihak menolak dokumen tersebut. Sejauh ini, kesepakatan ini tampaknya berfokus pada aspek-aspek yang dianggap buruk.
  • Negara-negara dan masyarakat sipil menyuarakan kekecewaan dan kekhawatiran tentang kemungkinan gagalnya COP28.
  • Terjadi kesulitan dalam diskusi Pasal 6 yang bertujuan menciptakan pasar karbon berintegritas tinggi. Setelah melalui negosiasi panjang, serangkaian pertemuan dibatalkan dan tidak terdapat pembaharuan pada Pasal 6.2 atau 6.8
  • Naskah keputusan tentang gender dan perubahan iklim telah disetujui.
  • Kami mengundang Anda untuk berpartisipasi dalam survei. Opini Anda sangat penting bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas Bulletin ini.

Jangan lewatkan dan ikuti buletin berita kami yang disajikan rutin setiap hari selama COP28. Lihat edisi sebelumnya di sini.

Jika Anda berada di Dubai atau mengikuti perkembangan pertemuan Konferensi Para Pihak (COP) Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) ke-28, daftar di Buletin Iklim, Keanekaragaman Hayati, dan Hak yang meringkas informasi terkini dari perundingan, negosiasi, dan acara-acara penunjang dan tambahan.


Program Harian: https://unfccc.int/documents/634292  
Halaman resmi COP28: https://unfccc.int/cop28
Panduan Pengamat: https://unfccc.int/documents/633166
Tentang Lokasi COP28: https://www.cop28.com/en/cop28-uae-venue

(Visited 1 times, 1 visits today)
Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cifor-icraf.org