Buletin COP28

Iklim, Keanekaragaman Hayati, dan Hak di COP28

Informasi terkini dari COP28 Dubai tersedia di email Anda setiap hari
Bagikan
0
Sesi pleno pembuka di COP28, Dubai. Foto oleh: Kiara Worth/UNFCCC

Bacaan terkait

Konferensi Para Pihak (COP) ke-28 Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC), atau yang dikenal sebagai COP28, telah dimulai dari tanggal 30 November hingga 12 Desember 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Hasil COP28 diharapkan akan membantu mempertahankan tujuan membatasi kenaikan suhu global jangka panjang menjadi 1,5 derajat Celsius, seperti yang disepakati dalam Perjanjian Paris.

“Kita tidak punya waktu untuk sia-sia. Kita perlu segera mengambil tindakan untuk mengurangi emisi. Di COP28, setiap negara dan setiap perusahaan akan diminta pertanggungjawaban, menjaga agar 1,5°C tetap dapat dicapai,” ujar Dr. Sultan Al Jaber, Presiden COP28.

Buletin Iklim, Keanekaragaman Hayati, dan Hak (tersedia dalam bahasa Inggris), akan memberikan informasi yang akurat dan terkini setiap hari di kotak masuk email Anda dari COP28, termasuk jalur negosiasi terkait penggunaan lahan dan Artikel 6 Perjanjian Iklim Paris, pasar, pertanian, hak asasi manusia, dan isu penting yang muncul terkait hubungan iklim-keanekaragaman hayati.

Dari hari pertama hingga penutupan konferensi, akan diberikan ringkasan kesimpulan utama dari acara tambahan dan perkembangan politik.

Edisi perdana dari Buletin Iklim, Keanekaragaman Hayati, dan Hak menyajikan beberapa konteks perkembangan terkini mengenai iklim, keanekaragaman hayati, dan hak asasi manusia, termasuk beberapa perkembangan dalam negosiasi ‘pra-COP’ yang terkait dengan Artikel 6.

Kami menyoroti beberapa hal, sebagai berikut:

  • Mengapa keanekaragaman hayati penting, dan di mana titik hubungan antara iklim dan keanekaragaman hayati akan dibahas  dalam perundingan
  • Apa yang terjadi dengan Transformasi Sistem Pangan? Kami mengetahui isu ini menjadi prioritas Presidensi COP, namun apa yang dapat kita harapkan di tingkat politik dan negosiator?
  • Kami mengeksplorasi beberapa isu besar yang harus diwaspadai dalam negosiasi terkait tanah, iklim, keanekaragaman hayati, masyarakat adat, dan komunitas lokal – Artikel 6, Pengambilan Stok Global, dan pertanian;
  • Masih ingat tentang Deklarasi Pemimpin Glasgow? Permasalahan terkait akuntabilitas agar tetap berada pada jalur untuk menghentikan deforestasi pada tahun 2030 akan muncul selama COP;
  • Tim laporan Land Gap memberikan pembaruan laporan tahun 2023 tentang pekerjaan mereka tahun 2022, kali ini memeriksa negara-negara penghasil emisi besar dan sejauh mana mereka bergantung pada tanah untuk mengompensasi emisi
  • Menyampaikan isu-isu terkini yang diangkat oleh Masyarakat Adat dan poin-poin penting advokasi saat memasuki sesi acara tersebut; dan
  • Jadwal sesi acara tambahan COP telah tersedia dan sangat padat seperti COP sebelumnya. Kami mengumpulkan beberapa sesi dan memberikan informasi untuk beberapa sesi favorit.

Jika Anda berada di Dubai atau mengikuti perkembangan pertemuan ke-28 Konferensi Para Pihak (COP) Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC), Buletin Iklim, Keanekaragaman Hayati, dan Hak meringkas informasi terkini dari perundingan, negosiasi dan acara-acara penunjang dan tambahan.


Tautan penting terkait COP28:

Program Harian: https://unfccc.int/documents/634292  
Halaman resmi COP28: https://unfccc.int/cop28
Panduan Pengamat: https://unfccc.int/documents/633166
Tentang Lokasi COP28: https://www.cop28.com/en/cop28-uae-venue

(Visited 1 times, 1 visits today)
Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cifor-icraf.org