Podcast

Pepohonan, air dan masyarakat berkelanjutan

Podcast terbaru mengupas keterkaitan peran pohon, hutan, dan air
Bagikan
0
Pantai Baron, Indonesia. Foto oleh Faizal Abdul Aziz/CIFOR

Podcast terbaru mengupas keterkaitan peran pohon, hutan, dan air

Perbincangan podcast ini mengantar anda ke sungai bawah tanah tersembunyi di bawah ekosistem karst dan batu kapur di jantung budaya Yogyakarta, salah satu daerah paling kering di pulau Jawa. Ani Adiwinata Nawir, ilmuwan pada proyek riset Kanoppi di CIFOR, berbagi pengalaman tentang penelitian bentang alam bawah tanah ini. Ani menyoroti kelimpahan sumber daya air bawah tanah di ekosistem karst seraya menunjukkan kurang optimalnya pemanfaatan dalam membantu pertanian dan praktik agrogoresti intensif bagi masyarakat lokal.

Riset ini dilaksanakan melalui Proyek Kanoppi, sebuah proyek penelitian bersama antara CIFOR dan ICRAF yang didanai oleh ACIAR (Pusat Penelitian Pertanian Australia).

Dari Afrika, Malesu Maimbo, Ketua Tim Unit Manajemen Air ICRAF berbagi informasi tentang pentingnya pengelolaan bentang alam menjaga keseimbangan antara fungsi daerah tangkapan air dan pertanian. Pepohonan menawarkan pilihan terbaik menyimpan dan memanfaatkan air hujan untuk menghasilkan produk hasil hutan seperti kayu, pakan ternak, buah, obat-obatan, dan pangan. Malesu juga menyoroti hubungan antara pohon, hutan dan air, terutama dalam meningkatkan panen air hujan — menyimpan lebih banyak air hujan di tanah — di seluruh benua Afrika, termasuk di Burkina Faso, Ethiopia, Kenya, Mali, dan Niger. Penelitian ini didanai oleh Kementerian Luar Negeri Belanda dan World Vision Australia.

Tautan terkait: Hutan tersembunyi: Dunia air bawah tanah 

 

Riset ini merupakan bagian dari penelitian CGIAR tentang Hutan, Pepohonan dan Agroforestri, yang didukung pendanaan dari donor CGIAR.
Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cgiar.org