Bagikan
0

Bacaan terkait

Pepohonan menawarkan pemenuhan nutrisi melalui buah, lemak, minyak, pucuk bertepung, atau bagian lainnya yang dapat dikonsumsi. Sayangnya seringkali manfaat pohon sebagai penghasil pangan belum diketahui luas.

Menurut seorang peneliti agroforestri, banyak spesies pohon memberi manfaat kesehatan bagi jutaan orang.

Penting untuk memastikan “pohon pangan” ini tersedia dan berkontribusi bagi pola makan sehat, penyediaan vitamin dan mineral, menurut Catharine Watson, Kepala Kemitraan Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR) dan Agroforestri Dunia (ICRAF), disadur dari laman Forum Ekonomi Dunia.

“Tahun ini adalah Tahun Buah dan Sayur Internasional – mari kita pastikan bahwa fungsi pohon tidak dilupakan dan kontribusinya bagi ketahanan pangan diakui luas,” ujarnya, seraya menambahkan bahwa pohon pangan – di antaranya spesies asli –  berperan signifikan dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan Dekade tentang Restorasi Ekosistem PBB 2021-2030, yang akan diluncurkan Juni 2021.

Tingkat gizi yang lebih baik membantu mencegah stunting, yang didefinisikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai gangguan tumbuh kembang anak akibat gizi buruk. Data WHO menunjukkan stunting telah mempengaruhi lebih dari 160 juta anak di bawah usia 5 tahun.

WHO dan badan pangan PBB memperkirakan lebih dari 800 juta orang tidak dapat memenuhi kebutuhan pangannya, dan lebih dari 2 miliar orang mengalami defisiensi mikronutrien, atau “kelaparan tersembunyi” di seluruh dunia.

WHO memberi rekomendasi konsumsi minimal 400 gram buah dan sayur per hari untuk mencegah berbagai macam penyakit seperti jantung, kanker, diabetes, obesitas dan kekurangan zat gizi mikro seperti vitamin A dan seng, kata Watson.

Namun kita masih kekurangan 22 persen pasokan pangan dari total kebutuhan global, sementara di negara-negara berpenghasilan rendah hingga menengah kekurangan 58 persen pasokan pangan.

“Tantangan cukup rumit, namun kabar baiknya adalah spesies pohon asli yang merupakan sumber nutrisi penting dan tumbuh baik di lahan yang kurang subur dapat membantu mengatasi kedua krisis ini,” tambahnya.

Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana pepohonan dapat membuat perbedaan di sini.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cgiar.org