Video T&J

Pemerintah dan bisnis perlu bekerja sama mencapai nol deforestasi

Perusahaan produsen kelapa sawit akan memenuhi standar lestari bila kekuatan pasar menginginkan hal tersebut
Bagikan
0
Bisnis dan pemerintah diharapkan dapat bekerja sama memenuhi standar lestari. Aulia Erlangga/CIFOR

Bacaan terkait

Sektor swasta dan pemerintah Indonesia perlu berbagi tujuan mengurangi deforestasi, di samping juga mengurangi tekanan tentang bagaimana kedua pihak akan melakukan hal ini, menurut seorang pakar keberlanjutan.

Dalam wawancara di sela-sela Forum Bentang Alam Global 2015, Tiur Rumondang, Direktur Eksekutif  dari Indonesia Business Council for Sustainable Development mengatakan, perusahaan-perusahaan dikendalikan oleh permintaan pasar. Kekuatan pasar dapat membuat mereka mempengaruhi para mitra bisnis.

“Perusahaan yang lebih besar, dengan kekuatan yang mereka miliki berpengaruh sekali dalam pemenuhan standar kelaikan,” katanya. “Hal ini adalah perilaku umum perusahaan: Mereka akan patuh terhadap standar tinggi jika pasar memberlakukan standar-standar tersebut.”

Wawancara lengkap dapat disaksikan dalam tautan berikut ini.

Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cifor-icraf.org